Sigmentasi Marketing 

  • Segmentasi Marketing menjadi salah satu elemen yang diperlakukan saat menjalankan bisnis. 
  • Ada berbagai jenis strategi marketing yang bisa digunakan untuk meningatkan efektivitas pemasaran bisnis.
  • Strategi STP adalah salah satunya, Yaitu segmenting, Targeting, dan Positioning(STP
Sigmentasi Pasar
  • Segmentasi pasar merupakan strategi pengembangan biasa yang digunakan untuk mengetahui target konsumen.
  • Segmentasi pasar adalah kegiataan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasangan yang berbeda.
  • Segmentasi pasar juga dapat diartikan seebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli dipasar produk atau menganalisis perbedaan antara pembeli di psara.
Sigmentasi Pasar

Segmentasi pasar perlu dilakukan, karena terdapat banyak konsumen yang memiliki keinginan dan kebutuhan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Salah menentukan segmentasi pasar akan membuat bisnis yang Anda kelola sulit berkembang dan pada akhirnya tidak dapat menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi harus menjadi pedoman dalam menyusun strategi 
pemasaran. Para konsumen pada umumnya menginginkan produk atau jasa yang bisa memuaskan produk atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhannya dengan harga yang mampu bersaing.

Tiga Kriteria Mengidentifkasi Segmen Pasar
  • Homogenitas, atau kebutuhan umum dalam suatu segmen.
  • Distinction, atau menjadi unik dari kelompok lain.
  • Reaksi, atau tenggapan serupa terhadap pasar.
Manfaat Segmentasi Pasar
  • Pemilik bisnis berada dalam posisi bersaing yang lebih baik.
  • Pemilik bisnis dapat mengalokasikan anggaranya secara lebih tepat pada berbagai segemn pasar.
  • Pemilik bisnis dapat menyesuaikan produk atau jasa yang ditawarkan agar sesuai dengan permintaan produk baru.
  • Pemilik bisnis dapat mengdentifkasikan peluang pasar yang menunjukan kesempatan bagi pengembangan produk baru.
  • Pemilik bisnis dapat mengdentifkasi konsumen baru yang potensial.
Jenis Segmentasi
  • Demografi adalah cara untuk membagi pasar berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, atau pendidikan.
Contoh : Peusahaan yang menjual produk perawatan rambut mungkin akan menyasar pasar wanita berusia 20-40 tahun dengan pendapatan yang cukup baik.
  • Geografi adalah cara untuk membagi pasar berdasarkan lokasi, seperti negara, wilayah atau kota.
Contoh : Perusahaan yang menjual produk peralatan olahraga mungkin akan menyasar pasar diwilayah-wilayah dengan iklim yang cocok untuk olahraga putdoor.
  • Perilaku adalah cara untuk membagi pasar berdasarkan pada pembelian atau preferensi produk.
Contoh : Perusahaan yang menjual produk makanan kesehatan mungkin akan menyasar pasar yang memiiki pola pembelian yang lebih untuk produk makanan kesehatan.
  • Psikografi adalah cara untuk membagi pasar berdasarkan gaya hidup, nilai, atau kepribadian.
Contoh : Perusahaan yang menjual produk fashion mungkin akan menyasar pasar yang memilki gaya hidup yang lebih mewah dan menyukai produk-produk berkualitas tinggi.